Sunday, November 23, 2008

Belajar komputer (my experience)

Di sini akan kuceritakan bagaimana aq bisa sampai bisa atau sedikit pahamlah tentang komputer. Cerita ini aq awali dari SD, ketika itu aq tidak sengaja masuk menyelinap ke ruang kepala sekolah (waktu itu aq disuruh ambil buku ma gurunya) Aq melihat sesuatu yang baru, sesuatu yang membuat terheran heran, bentuknya seperti TV tapi ada papan ketiknya, dan ada kotak besar ada banyak kabel yang menancap di belakangnya. Karena aq penasaran, akhirnya kuberanikan diri bertanya sama penjaga sekolah. " Mas, itu yang di dalam ruang kepsek yang bentuknya kayak TV , ada papan ketiknya dan pokoknya aq baru liat mas", kemudian oleh penjaga sekolah dijawab" Oh itu, itu lho yang namanya komputer, yang sekarang terkenal itu". Deng..., dalam pikiranku, oo itu namanya komputer yang selama ini aq hanya denger dan baca dari buku. Waktu aq SD, di sekolah aq sudah ada komputer, tapi masih sedikit di ajarkan.

Beranjak di SMP, pelajaran dan ilmu tentang komputer semakin bnyak aq dapatkan. Pertama kali diajarkan tentang sejarah komputer, sejarah terbentuknya komputer dari jaman dulu sampai sekarang dan perkembangannya. Setelah itu baru di lanjutkan ke pengenalan komponen komputer, tentang hardware dan software, pokoknya basic knowlegde . Setiap hari kerjaannya cuma mencatat dan mendengarkan penjelasan gurunya, bayangkan selama 6 bulan hanya nyatat dan dengerin saja. Setelah tuntas pengenalannya, dilanjutnya ke pelajaran mengetik menggunakan program WordStar, program aplikasi pengolah data dan Lotus. baru dech kita praktek, pertama kali susah bangt harus ngetik di keyboard, ngetiknya pake 11 jari, selalin itu harus menggunakan rumus untu pemasangan paragraf lah, apalah, untuk saja aq tidak sempat belajar Lotus yang katanya lebih sulit dan rumit karan pada waktu kenaikan kelas 2 sudah muncul Microsoft Office.
Kelas 2, aq mulai diajari menggunakan Ms. Word, lebih mudah dari WS. Tinggal ketik dan klik sana sini sudah jadi dech, gak usah pake rumus. Dilanjutkan ke pelajaran pembuatan sheet pada Ms. Excel menggunalan rumus2 formula, agak mumet seh, tapi asyik bangt. Ditambah kita diajari Paint, jadi kita bisa menggambar di komputer. Kelas 3 dilanjutkan dengan pembuatan relasi database dengan menggunakan Microsoft Access. Pokoknya belajar komputer aq tambah rajin dan ilmu bertambah banyak.

SMKN 1 Glagah Banyuwangi, inilah tempat aq lebih mengenal dan memahami seluk beluk komputer, soalnya aq memilih jurusan TI (Tekhnik Informatika). Pada semester pertama seh hampir sama pengenalan komputer juga tapi ini lebih hebat, karna modul pembelajarn yang digunakan berdasarkan CISCO. Tiap hari, mempelajari content dari modul CISCO, di ajari buat e-mail (ya.. disinilah aq mengenal internet) . Setelah satu modul selesai, langsung Ujian CISCO online, jadi dari grade yang didapat kita bisa tau kemampuan kita. Di SMK tempat aq, Setelah materi langsung praktek jadi ilmu yang di dapatkan bisa langsung diterapkan dan dipraktekkan. Pertama kali praktek, assembling computer, membongkar dan merakit sendiri komponen komputer. Setelah itu diajari pula bahasa pemograman menggunakan Visual Basic dan Turbo Basic, diajarkan tentang networking, segala sesuatu tentang komputer. Pokoknya sekolahku dulu is the best lah. Dari SMK inilah aq mendapatkan banyak pengetahuan tentang komputer.
Dan setelah lulus aq lanjutkan belajar dai intenet agar aq lebih paham tentang komputer dan semua tentangnya.

No comments:

Post a Comment