Friday, December 19, 2008

Susahnya cari kerja..

Pertengahan tahun 2007, aku lulus dari SMK, tempat aku selama ini mendalami ilmu, mengais ilmu. Setelah lulus, aku bingung sekali, mau meneruskan kuliah atau bekerja, pikiran itu terus terusan mejajah dan berputar putar di kepalaku. Aku menjadi pendiam dan pemikir selama beberapa hari. Sungguh sulit membuat keputusan, apalagi sudah ada di depan mata, memang salah aq juga, tidak memikirkan hal itu sebelumnya.

Sebenarnya aku masih ingin kuliah, melihat dari prestasi yang aku raih selama menjejakkan kaki di sekolah. Dengan nilai - nilai yang aku dapatkan, aku pasti bisa mendapatkan sebuah beasiswa, begitulah keyakinanku saat itu. Dengan melihat juga, banyak teman - teman aku yang melanjutkan kuliah, serta dorongan dari para saudara.

Tapi, akhirnya aku memutuskan untuk mencari pekerjaan. Ada beberapa pertimbangan sehingga aku mengambil keputusan seperti itu. Yang terpenting, paling tidak aku bisa hidup mandiri, bisa mendapatkan uang sendiri dan tidak terlalu tergantung pada pemberian orang tua. Di samping itu, aku yakin bisa mendapatkan pekerjaan dengan kemampuan dan keahlian yang telah aku pelajari di SMk, aku anak lulusan Teknik Informatika.

Setelah itu, aku mulai mengumpulkan informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada, mulai dari mendengarkan radio, mengumpulkan dari info lowongan koran, dan lowongan kerja lewat internet. Aku mulai mengirimkan banyak surat lamaran ke instansi ataupun perusahaan yang ada lowongan pekerjaan, ya dengan catatan syarat pendidikannya lulusan SMA atau fresh graduated. Tiap hari aq berusaha mencari dan mengirimkan, sungguh sulit dan butuh kesabaran banget, tidak seperti yang aku bayangkan selama ini. Aku dulu berpikiran kalau mencari pekerjaan itu mudah, ternyata sulit banget, it's very difficult.

Harus menunggu dan menunggu, untuk mendapatkan panggilan. Aku hampir putus asa, karna tidak semua perusahaan yang aku kirimi surat lamaran merespon lamaran yang telah aku kirim. Sungguh sulit banget mencari pekerjaan jaman sekarang. Tiap hari mendengarkan radio mencari cari kalau ada yang menyiarkan lowongan pekerjaan. Tiap hari asbtu membeli koran, sekedar untuk mencari informasi kerja, atau kadang pergi ke warnet untuk tujuan yang sama. Sungguh melelahkan, butuh perjuangan keras dalam mencari kerja, harus dilakukan dengan sepenuh hati.

Dan akhirnya yang aku tunggu - tunggupun datang, aku dapat panggilan untuk interview di Surabaya. Tapi setelah aku datangi tempat itu, aq merasa tidak cocok, jadi sebelum proses interview dilakukan, kuputuskan untuk pulang.

Aku akhirnya mendapatkan pekerjaan dengan bantuan kakakku. Temannya seorang pengusaha distributor kosmetik dan dia butuk seorang pekerja baru untuk mengoperasika komputer adminnya. melihat bahwa pekerjaan itu dan basic aku, maka akupun di terima kerja di tempat itu. Senangnya setelah bersusah payah akhirnya aku dapat pekerjaan, wlaupun dengan bantuan kakakku.

No comments:

Post a Comment