Tuesday, February 24, 2009

Tips merawat komputer dengan benar

"Kawan, bagaimana nie komputer aku, kok lambat sekali, malah kadang kadang koq sulit di hidupkan" tanya seorang kepada temennya. " Gimana kalau kita bawa ke service komputer" sambung kawannya.

Cuplikan di atas menggmbarkan bahwa komputer berperan penting dalam kehidupan sekarang ini. Entah sebagai sarana bekerja ataupun sarana belajar. Komputer biasanya di gunakan sering sekali dan kadang ada yang seharian penuh tanpa mati. Untuk itu perlu perawatan atau maintenance yang benar terhadap komputer agar kinerja komputer kita tetap ok. Ini harus dilakukan, melihat banyaknya pengguna yang bisanya hanya memakai komputer saja tanpa bisa merawatnya, yang mereka tahu pokoknya komputer dapat dijalankan, sungguh ironis bukan.

Padahal bila seorang pengguna mengetahui cara perawatan yang benar, meraka akan bisa meminimalisasi dan menjaga kinerja komputer supaya stabil. Yups, berikut tips - tips guna menjaga kinerja komputer. Atau dengan kata lain tips buat merawat komputer dengan baik.

  • Service Komputer setiap sebulan sekali
Service komputer dilakukan pada hardware dan software.Service untuk software yang mengalami trouble atau kerusakan, biasanya error sewaktu dijalankan. Dan untuk service hardware dilakukan dengan pengecekan fungsi setiap perangkat secara benar.

  • Back-Up data setiap seminggu sekali
Back Up data dilakukan untuk menjaga data - data penting kita, supaya aman, dan bila terjadi sesuatu hal atau trouble data kita masih ada.

  • Melakukan Defragmenter, Scan disk & Cleaning
Pembersihan file – file sistem yang sudah tidak terpakai ( Temp, Bugs, dll ) dan menata ulang sistem & aplikasi agar komputer bisa berjalan dengan baik.

  • Memberi Anti Virus Dan Update terbaru dari anti virus yang digunakan
Memberikan update anti virus terbaru sesuai denga antivirus yang digunakan. Ini dilakukan untuk menunjang keamanan komputer dari virus yang datang dari luar melalui media diskette, flashdisk, maupun sharing jaringan dan internet access.

  • Melakukan Konsultasi IT denga ahlinya jika ada masalah dengan kinerja komputer
Konsultasi IT dilakukan sebagai penunjang untuk mengetahui masalah pada komputer yang berkaitan dengan hardware dan software computer. Pengetahuan yang tinggi masalah IT akan mampu memberikan analisa dan solusi yang bermanfaat bisa menyelesaikan berbagai masalah dalam menunjang kinerja komputer.

  • Melakukan pembersihan total pada komputer dan komponennya secara berkala.
Membersihkan semua perangkat keras (hardware) baik pada computer beserta komponennya. Ini untuk menjaga agar kebersihan komputer selalu terjaga, dan komputer kita kelihatan bersih.

Demikian tips singkat, yang mungkin bisa membantu anda dalam merawat komputer anda. Jika komputer kita terawat dengan baik dan kinerjanya selalu stabil, pengguna juga yang akan senang untuk menggunakannya.

No comments:

Post a Comment