Friday, March 19, 2010

Tuntutan pekerjaan atau cuma kerjaan boss saja...

"Kamu, setelah ini selesai tolong bantu temannya nata barang di belakang" kata bos kepada salah seorang karyawannya. Padahal setahuku, posisinya di kantor sebagai penjaga toko, tapi koq di suruh bekerja di luar tanggung jawabnya. Kalau ada fee tambahan sich menurutku wajar, dan diapun akan merasa gak dirugikan. Tapi, sudah disuruh suruh melakukan pekerjaan yang bukan jatahnya, gak diberi fee tambahan lagi, benar- benar pekerjaan yang menuntut.

Dari situ saya berpikir, itu sebenarnya, apa memang tuntutan pekerjaan yang mengharuskan demikian itu. Apa hanya kerjaan dari boss saja, yang mentang mentang punya kuasa atas semuanya dan membayar karyawan itu, maka berhak menyuruh kerja seenak hatinya, diluar dari kewajiban kerja si pekerja tersebut?

Biasanya, pertama sebelum kita diterima di suatu kantor atau usaha, kia akan mendapat tugas atau kewajiban yang khusus, seperti menjadi sekretaris atau administrasi ataupun apapun itu. Tapi setelah kita kerja di dalamnya, banyak dari kita mengalami yang seperti terjadi pada karyawan di atas, di suruh mengerjakan pekerjaan di luar kewajiban. Kalau ada uang rokok lha kasarnya, atau uang usap keringat sih tidak apa -apa, tapi kebanyakan, tidak, walaupun pekerjaan yang disuruh mengerjakan di luar kuota mereka, kadang bayaran yang mereka terima itu tetap, dan tidak ada uang tambahan.

Apakah ini benar benar yang dituntut dalam bekerja, yaitu bekerja di luar porsi kerjaan kita tanpa ada upah dari itu, apakah memang tidak ada itu yang namanya porsi kerja yang khusus, seingga mereka mengerjakan banyak hal. Apakah itu hanya keinginan boss saja, yang hanya mau mengunakan tenaga yang ada tanpa mau mengeluarkan biaya tambahan, dengan asumsi bahwa dia lah yang membayar mereka?

Sekarang ini banyak berlaku hal seperti itu, tapi apa daya karyawan, mereka bekerja itu yang di cari gaji, kalau tidak dikerjakan kena resiko kena pecatlah, tidak dinaikkan gajinya lah, sifat boss yang menjadi lebih keras lah. Menurut saya, kita memperkerjakan orang itu sesuai dengan apa yang kita bebankan, kalau kita mau menyuruh mereka melakukan hal lain, kita lihat dulu, apakah mereka keberatan, dan jangan segan segan memberikan mereka tambahan, karna itu sangat menghargai apa yang mereka kerjakan, dan merekapun semakin suka bekerja dengan kita. Bener tidak pendapatku?

No comments:

Post a Comment