Wednesday, November 26, 2008

Promosi bisnis lewat Internet

Bisnis, mayoritas orang melakukan kegiatan ini. Serangkaian kegiatan yang di kerjakan dengan metode atau cara tertentu guna menghasilkan penghasilan. Bisnis tebagi atas tiga kelompok besar, menengah dan kecil. Perbedaan tersebut bergantung pada pangsa pasar, cakupan pemasaran, pengasilan perusahaan dan modal yang ditanamkan. Dalam setiap bisnis, diperlukan yang namanya promosi, yaitu serangkaian kegiatan mengenalkan, mengakrabkan produk dan bisnis mereka kepada masyarakat luas dan para calon customer pada khususnya. Promosi dilakukan dengan perbagai cara dan metode yang di nilai paling efektif buat para pembisnis tersebut.

Promosi, biasanya dilakukan dengan meyebarkan selebaran, brosur, iklan radio dan iklan televisi(ini biasanya dilakukan oleh pembisnis berkapasitas internasional). Promosi lewat selebaran, brosur, dan iklan radio serta televisi sudah menjadi sarana promosi yg umum saat ini. Padahal, di samping itu semua, ada sarana yang paling efektif dan berpeluang besar mendapatkan hasil yang paling maksimal, yaitu sarana promosi lewat internet.

Promosi lewat internet, sebenernya cara yang paling tokcer. Kenapa saya bilang seperti itu? Kita pikirkan bersama, internet itu sudah menjadi makanan sehari - hari di dunia, sudah global, setiap orang di dunia pasti sudah mengenal internet. Pengguna internet itu adalah orang sejagad bumi ini, dan tidak terhitung. Jadi, sangatlah berpeluang sekali kalau kita mengiklankan atau mempromosikan produk kita lewat internet sekaligus paling tidak akan mengurang biaya promosi, jika kita promosi lewat situs gratis.

Masih bingung dan bimbang? Baiklah, begini. Kita umpamakan diri kita sebagai pembisnis kecil, yang hanya memproduksi satu macam produk saja. Kita harus optimalkan kualitas dari produk yang akan kita jual. Kita harus perhatikan setiap detail dari produk kita, karna bila salah sedikit akan fatal. Setelah semua persiapkan dengan sebaik- baiknya dan telah kita siapkan semua. Langkah selanjutnya, yaitu promosi produk kita lewat / via internet.

Pertama, kita buat toko maya /e-store untuk memajang produk kita, lengkap dengan kontak person kita. Kalau tidak bisa, kita bisa membayar orang lain untuk membuatkan e-store produk kita, itupun tidak mahal. Langkah selanjutnya, kita promosikan e-store kita ke situs - situs iklan terkenal, semakin banyak situs yang kita daftar, semakin baik dan bagus. Kita tawarkan dan promosikan produk kita dengan sebaik - baiknya penawaran. Kita buat iklan kita se-menarik mungkin sehingga orang tertarikmembacanya dan bisa langsung masuk ke toko kita dan melihat produk kita. Ini yang penting, soalnya orang akan tahu produk kita dan siapa tahu mereka tertarik dan mau memesannya.

Lebih hebatnya lagi, karna orang yang menggunakan internet banyak sekali sampai jutaan orang setiap harinya, kesempatan produk kita untuk dilihat oleh orang lain semakin besar dan kesempatan laku selalu ada. So, apalagi yang perlu ditakutkan, promosi, lewat internet saja.

No comments:

Post a Comment