Monday, January 12, 2009

Memperbaiki windows yang rusak, install ulang jalan keluarnya

Pagi itu, jam masih menunjukkan pukul 9.00, tapi komputer aku tidak menyala, padahal tiap pagi, mulai bangun tidur komputer sudah dinyalakan. Sebab dicari sebab, ternyata windows aku rusak, gak tau kenapa. Tiap kali di hidupin gak bisa, setiap mau log on restart, begitu berulang ulang, masuk safe mode kagak bisa. Kenapa komputerku ini, pikirku.

Setelah aku melakukan flashback atau kilas balik, aku ingat, beberapa hari yang lalu komputer aku terkena virus, kagak tau virus apa. Komputer aq kan tidak dipasangi antivirus, hanya aku pasangi antispyware saja, itupun yang free edition, pake Spyware Terminator. Yach begitu akhirnya, komputer aku terinfeksi virus untuk beberapa lama. Coba aku pasangi antivirus kagak bisa, selalu ditolak, system Registry, Task manager, MSconfig semua di disable virus. kan kalo biasanya , pas komputer aku kena virus, aku selalu masuk ke safe mode untuk membersihkannya, eh, ini malah gak bisa masuk safe mode. Setiap selesai choosing safe mode selalu restart.

Sampai akhirnya aku putus asa, kepikiran mau aku format saja. Tapi di C aku ada program database kantor, so kalau aku format C nya, otomatis kan hilang database itu. Kepikiran mo back up, HDD aku cuma satu and windowsnya rusak, so gimana cara back up-nya. Coba aku punya 2 system, aku bisa gunain back up, hard disk itu aku gunain sebagai secondarynya, kan datanya bisa di ambil. Pokoknya pusing banget dech.

Yang lebih memusingkan lagi, aku tidak bawa CD OS sama sekali, mau ambil harus pergi ke tempat induk, itupun jauhnya minta ampun, and saat itu, CD OS nya gi di bawa ke Jember, duh pusing banget dech aku. Putus asa gtu. Trus aku teringat, o ya, aku kan punya temen SMK, kenapa aku tidak coba tanya sama mereka. Tuhan memang maha pengasih, aku akhirnya dapat CD OS dari temenku.

So selanjutnya, aku masih bingung, ni mau aku format atau gimana? Aku coba untuk Repair Console, ternyata gak bisa. Aku coba Repair windows, mang pada waktu pengopian system is OK, but setelah restart tetep gak bisa, sama seperti sebelumnya.Akhirnya aku pikirkan untuk memformat, dengan catatan sudah mendapat izin untuk memformat, walaupun database kantor akan hilang.

Finally, aku masukkan CD Windowsnya, booting by CD ROM, tekan enter - enter lagi trus F8, trus pilih partisi, pilih C , terus pilih aturan format, aku pilih pilihan yang bawah, yang Leave........................, trus pilih L to deleting existing file system. Tinggal nunggu dech. Setelah proses instalasi selesai, tinggal instal2 driver, selesai dech. Aku cek databasenya, ternyata masih ada, syukur dech. Langsung aku pasang AVIRA, antivirus yang paling aku percaya, dengan update-an terbaru. Setelah selesai, langsung scan, and hasilnya, virusnya langsung hilang, and registry aku normal kembali.
Finally, Windows aku sekarang dah OK lagi. Thank's a lot to Allah.

No comments:

Post a Comment