Friday, June 5, 2009

Kotaku banyuwangi

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang letaknya paling ujung timur dari Provinsi Jawa Timur. Berbatasan dengan selat Bali di sebelah timur, Situbondo dan Bondowoso di sebelah utara, kabupaten Jember di sebelah barat dan samudra Hindia di sisi selatan. banyuwangi memiliki relief yang tidak rata, dengan banyaknya pegunungan dan perbukitan yang terdapat di daratan, dan persawahan yang banyak membentang.

Mayoritas penduduk di Banyuwangi mempunyai pekerjaan sebagai petani, ini di buktikan dengan banyaknya persawahan di area penduduk yang sangat luas. Beratus ratus petak sawah tersebar rata di area tengah dan selatan dari Banyuwangi. Mulai dari padi , kedelai, sayur mayur menjadi hasil dari sawah tersebut. Dalam pengerjaannya ada yang masih menggunakan cara tradisioanl, yaitu cara membajak dengan bantuan sapi, ada juga yang menggunakan cara modern, dengan mesin pembajak. Untuk saat ini, para petani lebih mengedepankan menggunakan cara modern daripada cara tradisional dengan pertimbangan hasil lebih bagus dengan waktu yang relatif tidak lama.

Untuk daerah pantai, seperti di daerah Muncar, Pancer dan Grajagan, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Ini sangat menguntungkan, perlu anda ketahui, Muncar adalah penghasil ikan terbesar kedua di Indonesia. Sedangkan di daerah pegunungan, seperti Kalibaru, pendudknya mayoritas pekebun, dengan hasil perkebunan seperti kakao, kopi dan karet.

Untuk masalah pendidikan, banyuwangi juga tidak kalah maju dengan kota lain. Ini di buktikan dengan adanya banyak sekolah di setiap daerah. Setiap desa pasti mempunyai sekolah sendiri. Sehingga daya pikir masyarakat banyuwangi pun juga hebat. Untuk sekolah tinggi, Di Genteng dan di Banyuwangi Kota adalah pusatnya. Di kedua kota tersebut terdapat banyak sekolah Favorit dan menghasilkan siswa- siswa yang handal. Tidak hanya sekolah, di banyuwangi juga ada beberapa universitas terkenal, Untag dan STIKOM salah satu dari universitas tersebut.

Untuk masalah pariwisata, Banyuwangi juga tidak kalah dengan yang lainnya. Ini di buktikan dengan banyaknya tempat wisata alam maupun tempat wisata buatan. Diantara tempat wisata alam yang terkenal yaitu kawah Ijen dan pantai Plengkung, yang sudah terkenal luas di kalangan dunia, ada juga pantai Pancer dan pantai Grajagan. Sedangkan untuk tempat wisata buatan, ada banyak sekali, ada yang di Rogojampi dan Genteng. Di Banyuwangi juga ada pembangunan bandara, Blimbingsari namanya, untuk saat ini masih belum jadi, masih dalam proses pembuatan.

Banyuwangi adalah kota asri dan sejuk. Dengan masih adanya banyak hutan di wilayah Banyuwangi, menjadikan kota ini sejuk dan hijau. Di desa - desa, masih terjaga sekali keaslian dari budaya yang ada. Dengan banyaknya juga budaya asli yaitu budaya Osing dan kesenian - kesenian daerah lainnya. Banyuwangi adalah kota yang harus dikunjungi oleh setiap orang yang ingin mengetahui ke asrian dan nuansa alam permai, kota yang hijau .

No comments:

Post a Comment