Friday, January 16, 2009

Cara efektif belajar menjelang ujian.

Ujian, seperti momok yang menakutkan bagi sebagian siswa. Mereka takut sekali bila ujian itu tiba. Padahal, apa yang harus ditakutkan dari ujian itu, tidak ada, sama sekali tidak ada. Ujian adalah hasil evaluasi belajar yang di alami siswa selama periode tertentu dan di ujikan pada suatu waktu dengan materi dari bermacam untuk masing masing mata pelajaran. Jadi kesimpulannya, ujian itu ya jawabannya adalah semua yang telah kita pelajari selama periode itu, seperti ujian semester, ya ujian materi pelajaran selama satu semester, begitu juga ujian akhir, ujian dari semua materi yang telah dipelajari selama satu dekade di sebuah pendidikan.

Hal - hal apa saja yang harus kita lakukan sebelum menjelang hari ujian. Yang pasti kita harus belajar. Tapi bagaimana cara belajar yang benar dan efektif supaya pada waktu ujian nanti kita bisa benar - benar siap dan bisa mengerjakan soal ujian tanpa banyak rasa was - was tidak bisa. Menurut saya, ada beberapa cara efektif belajar yang cukup bisa mengatasinya. Diantaranya :
  • Belajar dengan teman atau belajar kelompok.
Ini dimaksudkan, ketika dalam proses belajar, ketika kita tidak bisa pada suatu amteri kita bisa bertanya pada teman belajar. Atau bila ada materi yang kurang bisa di pelajari, bisa di rindingkan bersama dan dicari jalan pemecahannya. Dengan begitu kita lebih bisa mengerti dan suasana belajar akan cenderung nyaman, karna ada teman yang bisa di ajak membahas materi.
  • Mengulang belajar di pagi hari
Begini, ketika sore kita sudah belajar, kita bisanya melanjutkankan dengan nonton TV atau tidur. Itu membuat materi pelajaran yang pelajari seolanh berhenti di situ. Pada waktu bangun, kita bangun lebih pagi dan mengulang pelajaran yang telah kita pelajari tadi malam. Itu akan membuat pikiran kita fresh dan kita semakin siap menyongsong ujian.
  • Pelajari pokok - pokok bahasannya
Pelajari materi materi yang menjdi topik bahasan dan biasanya oleh guru kita di suruh mengingatnya. Pelajari inti sarinya dan jangan meremehkan materi yang kita anggap tidak penting. Karna hal seperti itulah yang kadang membingungkan kita sewaktu ujian.
  • Belajar dengan sepenuhnya belajar
Maksud dari pernyataan itu, dalam belajar kita harus bersungguh - sungguh dan punya niat yang kuat. Jangan belajar sambil bermain atau memikirkan hal lain, itu sama saja membuang waktu kita belajar, karna konsentrasi kita takkan bisa fokus pada pelajaran itu.
  • Selalu menanyakan hal yang kurang dipahami
  • Kurangi rasa malas dalam diri anda
  • Waktu adalah ilmu
Selalu pergunakan waktu yang ada, jangan di sia - siakan. Waktu semenit sangat berarti untuk mengisi volume otak kita. Gunakan waktu yang ada guna mendalami materi pelajaran yang akan diujiakan, dan saya yakin anda tidak akan menyesal telah menggunakan waktu anda.

Sedikit cara belajar yang bisa saya jelaskan dan beritahukan, karna masih banyak cara lain dan kiat kiat belajar lain yang mungkin lebih jitu dan mantap. Sebagai sesama manusia yang mencari ilmu kita harus saling sharing cara dan metode guna memperoleh hasil yang terbaik. So, besok ujian, siapa takut.

No comments:

Post a Comment