Wednesday, June 24, 2009

Sudahkah anda ikhlas...???

Ikhlas. Melakukan sesuatu ataupun segala hal dengan hati tulus, tanpa mengharapkan imbalan ataupun balas jasa apapun, semata - mata dilakukan karena ibadah itulah yang disebut ikhlas. Hal yang sangat mudah dan ringan untuk dilakukan, tapi dalam kenyataan hanya segelintir orang yang mampu melakukannya.

Ikhlas, semua orang bisa mengatakan bahwa dia sudah melakukan apa yang namanya ikhlas, tapi apakah yang dilakukan sudah benar - benar ikhlas, atau hanya kata - kata saja. Semua orang bisa berkata ikhlas, mudah sekali mengatakan " saya ikhlas" tapi, apakah hatinya juga ikhlas, sejalan dengan apa yang dia katakan.

Dalam kehidupan kita, ikhlas hanya dimiliki oleh orang - orang yang benar - benar mengerti akan artinya. Ikhlas, bukan hanya melingkupi harta dunia saja, tapi juga ikhlas hati, ikhlas perbuatan, ikhlas segalanya, dan itupun harus sejalan sejalan semuanya. Semua harus balance, seimbang antar aspek, antar bagian, jadi rasa ikhlas yang kita lakukan benar- benar ikhlas.

Dengan ikhlas, segala sesuatu yang kita kerjakan, akan terasa ringan dan tanpa beban, hasil yang di dapat akan maksimal. Kenapa dikatakan seperti itu? Mengerjakan secara ikhlas akan membuat kita tidak memiliki pikiran uang ataupun imbalan, yang kita pikirkan hanya tanggung jawab kerja dan akan bagaimana hasinya nanti. Jadi kita bisa benar - benar konsentrasi dan terfokus akan kerjaan itu.

Ikhlas adalah hal yang harus selalu kita ingat dan ada dipikiran kita dalam situasi apapun. Dalam keadaan kita paling terpurukpun kita harus ikhlas. Alasan paling utama kita harus ikhlas adalah semua yang kita miliki berasal dari Tuhan, dan akan kembali juga kepada Tuhan, jadi tak ada alasan buat kita untuk tidak ikhlas. Apapun itu bentuknya, segalanya adalah milik Tuhan. Harta, anak, saudara, ibadah, dan semuanya bahkan hidup dan mati semuanya telah ditentukan oleh Tuhan, tinggal bagaimana kita yang menjalani.

So, marilah kita hidup dengan keikhlasan, jangan hanya memikirkan uang atau harta saja, tapi pikirkan juga hati dan senyuman orang lain.

No comments:

Post a Comment